Cerita: Pengalaman Magang

5:57 AM


Halo! Kali ini aku akan bercerita pengalaman selama dua tahun terakhir sebagai mahasiswa magang di salah satu unit terapan yang bergerak di bidang pendidikan di kampus. Bisa dibilang hampir separuh masa kuliahku aku habiskan di unit terapan ini. Kami biasa menyebutnya dengan PTPP, Pusat Terapan Psikologi Pendidikan. Klien PTPP adalah sekolah-sekolah di Jawa Timur dan sekitarnya serta beberapa institusi pendidikan lainnya.

Sekedar informasi, di fakultas memang ada beberapa unit terapan, selain PTPP sendiri ada beberapa unit lain yang bergerak di bidang klinis, industri dan organisasi, juga perkembangan. Unit terapan ini memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui proses magang. Mahasiswa diminta untuk meluangkan waktu sekian jam per minggu untuk melakukan “bekerja” di unit terapan ini selama masa kontrak, masa kontrak setiap unit terapan berbeda-beda. Di PTPP, masa kontraknya sendiri dari bulan Maret hingga bulan Juli tahun berikutnya.

Sekilas waktu kontraknya terasa lama, memang lebih lama daripada unit terapan yang lain, akan tetapi setelah masuk ke dalam lingkungan PTPP sendiri orientasi terhadap waktu akan segera berubah. Setidaknya itu yang aku rasakan.

Di angkatan magangku (angkatan kedua) proses open recruitment dimulai pada bulan Desember 2011, kemudian proses seleksi dilaksanakan pada bulan Februari 2012. Masa magang langsung dimulai pada bulan Maret yang diisi dengan kegiatan training. Kegiatan sesungguhnya baru akan dimulai pada bulan April-Juli, atau ketika sekolah-sekolah mulai membuka penerimaan siswa baru. Pada bulan-bulan tersebut, kegiatan kami akan dipenuhi dengan proses administrasi tes psikologi. Kebanyakan proyek akan jatuh pada hari Sabtu dan Minggu. Berhubung klien PTPP banyak yang berasal dari luar kota Surabaya, maka hampir setiap akhir pekan kami akan roadshow alias one day trip ke luar kota. Tapi bukan acara jalan-jalan, melainkan tes di sekolah-sekolah. Itu semua dengan pendampingan magang angkatan sebelumnya (angkatan pertama). Seiring dengan mulai berkurangnya proyek pada bulan Juli-Agustus, maka magang angkatan pertama mulai “melepas” magang kedua.

Selepas masa penerimaan siswa baru, bukan berarti kegiatan kami berkurang. Kami segera dihadapkan dengan kegiatan lain, seperti seminar atau pelatihan. Pada bulan Oktober 2012 lalu kami mengadakan pelatihan WISC tahap kedua, lalu di awal tahun 2013 kami mengadakan pelatihan WISC tahap ketiga dan pelatihan penyusunan asesmen pendidikan. Di akhir hingga awal tahun 2013 itu kami juga mempersiapkan dan menjalankan open recruitment untuk magang angkatan ketiga. Selanjutnya bulan Maret-Juli 2013 kami mendampingi mahasiswa magang angkatan ketiga sebelum akhirnya kontrak kami selesai. Akan tetapi karena satu dan lain hal, aku masih menemani teman-teman magang ketiga di kantor sampai sekarang.

Banyak suka maupun duka selama menjadi mahasiswa magang di PTPP. Bisa dibilang di sana adalah keluarga. Bagaimanapun juga tidak semua hal yang terjadi di keluarga adalah hal yang menyenangkan bukan? Kadang kami bisa tertawa bersama, di saat yang lain ada juga konflik-konflik di antara kami. Tidak jarang kami malah ke kantor ketika bukan jadwal piket hanya untuk berkumpul dengan teman-teman magang. Di PTPP, aku mendapatkan kesempatan belajar yang sangat banyak, dari mulai belajar administrasi tes psikologi yang mungkin teman-teman mahasiswa lain tidak dapatkan, kemudian pengalaman masuk ke dunia pendidikan yang sebenarnya, langsung terjun ke sekolah, kemudian kesempatan untuk bekerja sama dengan dosen-dosen yang menjadi asesor, kesempatan bertemu orang-orang luar biasa, serta kesempatan mengenal kota-kota di Jawa Timur dan Kupang.

Sekarang magang ketiga sudah memasuki masa seleksi magang angkatan keempat. Sekarang aku seperti bercermin ke masa-masa dimana aku dan teman-teman magang kedua dulu ketika menyeleksi mereka (magang ketiga). Ada kepuasan atau entah kebanggaan melihat mereka berkembang seperti sekarang. Kadang aku iri dengan betapa solid dan eratnya hubungan di antara teman-teman magang ketiga, sekaligus bangga masih bisa bekerja sama dengan mereka. Semoga semangat dan kekompakan mereka masih bisa bertahan sampai 8 bulan ke depan :D

Jadi, kalau sekarang ada yang bertanya kenapa masih belum lulus juga, jawabannya mungkin kalau aku lulus tepat waktu mungkin aku nggak akan pernah dapat pengalaman seperti sekarang. Kalau kata Bunda PTPP alias ibu direkturnya sih begini, “Kamu kelihatannya memang nggak lulus-lulus, tapi apa iya teman-temanmu yang udah lulus dapat pengalaman kaya kamu di sini?” - ujung-ujungnya curhat.


F.

You Might Also Like

3 comment(s)

Silahkan komen :)