Opini: Jogja Sekarang

1:57 PM

Lama banget nggak nulis di-blog. Akhir-akhir ini lagi sibuk dengan aktivitas lain: MASAK. Gegara aktivitas yang cukup menyita waktu ini, aku bahkan jadi betah banget di rumah. Memang sih lebih banyak milih untuk baking dibandingkan masak makanan. Akhirnya aku memahami, bahwa masak makanan dan bikin kue alias baking itu dua hal yang berbeda sekali. Aku sendiri paling nggak bisa kalau suruh masak makanan, hasilnya mostly kurang asin. Kalau bikin kue atau bikin cemilan gitu malah tingkat kegagalannya yang minim. Jadi, sekarang sih selain hunting kerjaan, aku lebih sering mendamparkan diri di dapur bersama oven tua :3

Beberapa bulan terakhir hidup di Jogja bikin aku sadar, Jogja 5 tahun yang lalu dan Jogja yang sekarang sudah banyak berubah.

Sumber: Google.com

Lalu Lintas

Sumber: Google.com

#1 Macet

Sekarang dimana-mana, jam berapapun, jalanan Jogja selalu padat cenderung macet. Kalau 5 tahunan yang lalu, Jogja cuma padat pas jam-jam pulang sekolah dan berangkat sekolah dan pas liburan. Sekarang, jam 10 pagi keluar rumah aja pasti ngadepin jalanan yang padat. Nyeberang aja susah.

#2 Ketertiban Berlalu-Lintas

Dulu, aku sering banding-bandingin ketertiban berlalu lintas di Jogja dan di Surabaya, aku selalu merasa orang-orang Jogja JAUUUUUUH lebih tertib daripada di Surabaya. Begitu balik ke sini, rasanya sama saja. Tingkat kesabaran orang di jalan juga udah menurun drastis. Dulu suara klakson itu hanya bila diperlukan, sekarang masih 1 detik sebelum traffic light nyala hijau udah ada aja yang nglakson dengan membabi buta.

#3 Minimnya Angkutan Umum

Dulu, waktu aku masih SMP-SMA, sangat mudah menemukan transportasi umum selain Trans Jogja di sini. bus kota mudah sekali ditemukan, angkutan kuning di daerah Sleman juga masih banyak, angkutan minibus Jogja-Kaliurang PP juga cukup mudah ditemui. Kalau sekarang mungkin lebih banyak tergusur dengan Taksi dan ojek ber-argo. Bahkan sempat lihat coming soon taksi premium.

#4 Pertumbuhan dan Pemakaian Kendaraan Pribadi Tinggi

Ini kerasa banget loh, apalagi kalau pas ngurus pajak kendaraan di Samsat. Antrinya yang wow banget menurutku bisa jadi tolak ukur. Selain itu juga volume kendaraan di jalanan juga kerasa banget kok meningkatnya. Ditambah sekarang orang banyak yang menganut 1 orang 1 mobil. Udah mobilnya muat buat 7 orang, dipake sendirian, ngotot banget lagi di jalan.

Tata Kota

#1 Pembangunan Apartemen dan Mall


Sekarang dimana-mana banyak alat berat dan debu dimana-mana. Rasanya dulu apartemen tuh bisa dihitung pakai jari sebelah tangan. Sekarang pembangunan apartemen dan mall kayanya ijinnya gampang gitu, dimana-mana ada. Iseng juga pernah tanya sama orang rumah soal harga tanah di sekitar rumahku yang terpencil aja udah mencapai 1 juta per meter persegi untuk tanah sawah. Makanya nggak heran apartemen-apartemen itu mematok harga yang fantastis. Gitu juga ada apartemen udah kejual semua unitnya padahal promonya kayanya baru bentar.

#2 Pohon Iklan Makin Banyak

Kalau ini sih masalah klasik yang makin parah sih menurutku. Gimana enggak, dulu sampah visual ini cuma dalam taraf banyak aja. Sekarang banyaaak bangeeet. Dimana-mana ada baliho. Sampe no comment deh soal ini.

#3 Minimnya Area Pejalan Kaki

Nah, ini memang nggak terjadi di semua ruas jalan. Tetapi di beberapa ruas jalan, area pejalan kaki ini disalahgunakan atau dialihggunakan (entahlah) menjadi lahan parkir.

#4 Minimnya Lahan Parkir

Ini juga berhubungan dengan minimnya area pejalan kaki sih. Keduanya saling berkaitan. Dengan minimnya lahan parkir, banyak mobil dan motor yang diparkir di area pejalan kaki. Selain memakan area pejalan kaki, parkiran ini juga banyak yang memakan badan jalan, yang berimbas ke makin macetnya jalanan. Apalagi bila itu merupakan jalan utama dan ruas jalannya sempit. Contoh paling nyata: Jalan Kaliurang.

***

Apalagi ya? Itu sebenarnya yang aku rasakan dan aku ingat sekarang sih. Nanti kalau ada tambahan aku update kali ya. Yang jelas, Jogja udah nggak seberapa nyaman lagi buat aku pribadi. Mau keluar-keluar jadi males kalau nggak ada kebutuhan.

Sekian dulu postingan kali ini~

You Might Also Like

1 comment(s)

Silahkan komen :)