Explore Lampung: Pulau Pahawang!

11:08 PM

Hello! It's been a long time since my last post. Gue kayanya makin jarang aja buka blog. Sudah berbulan-bulan terakhir jarang menyambangi dashboard blog gue. Kali ini gue mau menceritakan pengalaman jalan-jalan gue di tanah rantau. Kalau dulu gue merantau cuma ke Surabaya, sekarang gue berada di tanah Lampung. Luar Pulau Jawa, man!

Setelah dua minggu semi militer dan dua minggu lebih in class training akhirnya beberapa waktu yang lalu gue dan sekitar 30 orang teman Management Trainee (MT) angkatan gue berkesempatan buat jalan-jalan ke Pahawang. Pulau Pahawang sendiri merupakan sebuah pulau yang berada di Teluk Lampung, Lampung Selatan. Sebenarnya letak dermaga menuju Pahawang dari pusat kota Bandar Lampung tidak terlalu jauh, sekitar 1,5 jam dengan mobil. Akan tetapi karena kami berdomisili di Lampung Tengah, kami berangkat jam 5 pagi untuk mengejar waktu yang lebih lama bermain-main di sana. Secara Lampung Tengah ke Bandar Lampung sendiri masih sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Jadi, total perjalanan kami sekitar 3,5 jam untuk sampai ke dermaga Ketapang (kalau nggak salah sih namanya :p).

Berhubung kami berangkat berkelompok dan jumlahnya cukup banyak, alhasil kami ke sana dengan paket tur yang one day trip. Gue nggak terlalu tahu proses koordinasinya, cuma kalau ada yang berminat bisa browse aja, banyak kok. Waktu itu ada dua tawaran, satu seharga 165k dan satunya seharga 130k. Berhubung itu baru gajian pertama, kami ambil 130k. Bedanya cuma di souvenir dan snack sih. Selain itu kami masih harus memikirkan budget untuk makan dan transport, jadilah pilih yang murah. Masih semi penghematan ala anak kuliahan :p

Kapal berangkaaat. Itu foto dari kapal satunya. Photo by: Rashidah
Itinerary kami pun cukup fleksibel. Kami sampai di dermaga sekitar jam 7.30 lalu persiapan dan sarapan pagi. Sekitar pukul 9.00 baru kami berangkat menyeberang dengan dua buah kapal. Kemudian snorkeling di dua lokasi. Setelah itu kami makan siang di Pulau Pahawang Kecil. Dua lokasi berikutnya setelah makan siang barulah gue merasa puas. Mungkin karena lebih on fire dan spot-nya lebih cihuy dari sebelumnya.

Duh! Speechless lihatnya. Photo by: Rashidah

Menurut gue trip Pulau Pahawang ini menarik, terutama kalau buat beramai-ramai dan sekedar cari fun, kalau mau cari wisata bawah laut yang wow kayanya masih belum dapet. Mungkin juga karena spot yang dikasih ke kami kurang bagus juga bisa sih. Pulau Pahawang terkenal akan nemo-nya, tapi di sana kemarin gue cuma nemu beberapa ekor aja. Karangnya juga kurang banyak macamnya di 3 spot pertama, cuma di spot terakhir gue merasa puas banget. Kami sebenarnya diberi jatah 8 lokasi snorkeling tapi kami hanya memanfaatkan separuhnya karena keterbatasan waktu.

Pesisir pantai di Pulau Pahawang Kecil. Photo by: Putri
Sayangnya kemarin gue nggak bawa kamera ke Pahawang karena alat perang gue udah diwariskan ke adek gue. Belum ada duit juga kalau mau beli yang baru. Parahnya lagi gara-gara kemarin gue kurang waspada mengawasi si android, dia malah tewas. Foto-foto yang gue dapat pun nggak bisa diakses karena hape gue officially mati nggak mau nyala lagi. Jadi, foto-foto di sini merupakan foto hasil jepretan temen-temen gue.

Sunburn! Narsis dikit di dermaga setelah seharian snorkeling. Photo by: Widi

Overall, kalau gue dikasih kesempatan buat explore Pahawang dengan waktu yang lebih panjang lagi gue masih sangat berminat. Karena cerita-cerita di internet kayanya seru dan gue belum dapat gambaran yang sesuai sama cerita orang-orang :D

You Might Also Like

1 comment(s)

  1. Permisi gan, kalo ke Lampung jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh produk Lampung terbesar toko Aneka Sari Rasa nih gan, yang menjual produk-produk lampung hasil produksi sendiri seperti keripik pisang, sambal, lempok, dll. Dan dibandrol harga yang sesuai dengan kenikmatan yang agan-agan dapatkan. Aneka Sari Rasa beralamat di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. Telp.(0721)-5630988, fax.(0721)-5630988, WA:082388688868, IG:@anekasarirasa, email:anekasarirasa@yahoo.com, fb:aneka sari rasa, twitter:@anekasarirasa.

    ReplyDelete

Silahkan komen :)