Tugas Pertama Semester Tiga :)

6:10 PM

Draft 14 September 2010







Yak, ini adalah tugas pertama gue semester ini di mata kuliah Kepribadian 1 (14 September 2010). Rada nyesel juga tadi pake acara bolos segala, ternyata ada tugas yang dikumpulin pertemuan berikutnya. Akhirnya gue pun memutuskan buat mengerjakannya as soon as possible soalnya besok gue harus balik ke Surabaya, takutnya ga sempet :) Here's my 1st task!

1. Buatlah definisi kepribadian
2. Buatlah pemahaman komparasi:
a. tempramen
b. sifat
c. watak
d. disposisi
Dikumpulin pertemuan selanjutnyaaa, jangan lupa tulis sumbernya.

(Thank's to Citra yang udah ngasih soalnya via chat FB :*)



Kepribadian
Berikut beberapa pengertian Kepribadian
  • Personality atau kepribadian berasal dari kata persona, kata persona merujuk pada topeng yang biasa digunakan para pemain sandiwara di Zaman Romawi. Secara umum kepribadian menunjuk pada bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-individu lainnya. Pada dasarnya definisi dari kepribadian secara umum ini adalah lemah karena hanya menilai perilaku yang dapat diamati saja dan tidak mengabaikan kemungkinan bahwa ciri-ciri ini bisa berubah tergantung pada situasi sekitarnya selain itu definisi ini disebut lemah karena sifatnya yang bersifat evaluatif (menilai), bagaimanapun pada dasarnya kepribadian itu tidak dapat dinilai “baik” atau “buruk” karena bersifat netral. (http://trescent.wordpress.com/category/psikologi-kepribadian/)
  • Kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas menggunakan istilah ‘sistem psikofisik’ dengan maksud menunjukkan bahwa “jiwa” dan “raga” manusia adalah suatu sistem yang terpadu dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, serta diantara keduanya selalu terjadi interaksi. Sedangkan istilah “khas” dalam batasan kepribadian Allport itu memiliki arti bahwa setiap individu bertingkah laku dalam caranya sendiri karena setiap individu memiliki kepribadiannya sendiri. (http://ww10.yuwie.com/blog/entry.asp?id=932768&eid=647473)

Temperamen
Temperamen adalah gejala karakteristik dan sifat emosi individual termasuk adalah mudah / tidaknya kena rangsangan emosi, kecepatan dan kekuatan beraksi, kwalitas kekuatan suasana hati. Gejala gejala tersebut tergantung faktor konstitusional yang berdasar dari keturunan. Contoh mudah tersinggung. (http://kuliahpsikologi.dekrizky.com/temperamen-watak-dan-sifat)

Sifat (Trait)
Sifat adalah sistem neurophysis yang digeneralisasikan dan diarahkan, dengan kemampuan untuk menghadapi bermacam-macam perangsang secara sama, dan memulia serta membimbing tingkah laku adaptif dan ekspresi secara sama. Yang dicatat mengenai definisi ini ialah tekanan terhadap individual dan kesimpulan bahwa kecendrungan itu tidak hanya terikat kepada sejumlah kecil perangsang atau reaksi, melainkan dengan seluruh pribadi manusia.(http://ww10.yuwie.com/blog/entry.asp?id=932768&eid=647473)

Watak (Dispotition = Disposisi?)
Karakter yang telah lama dimiliki dan sampai sekarang belum berubah. Watak mengisyaratkan norma tingkah laku tertentu dimana individu akan dinilai perbuatannya. Watak adalah kepribadian yang dievakuasi dalam arti normatif contoh Penolong, pemurah, pencuri. Suatu sistem neuropsikis yang diarahkan dengan kemampuan menghadapi berbagai perangsang secara sama, memulai dan membimbing tingkah laku adaptif dan ekspresif secara sama disebut sifat. Sifat mempunyai eksistensi terhadap pribadi dan benar benar ada aku individu.(http://www.bintangbangsaku.com/content/apakah-arti-kepribadian)

Disposisi
kecenderungan reaksional yang dibuat oleh seseorang yang dikaitkan dengan situasinya.

You Might Also Like

0 comment(s)

Silahkan komen :)