Skip to main content

#Kepri1 #Adler

Kultweet by @siivisi

1. #Adler tidak setuju pada #Freud yg bilang perilaku dimotivasi oleh inborn instincts, jg #Jung yg bilang perilaku diatur inborn archetypes

2. #Adler percaya bahwa motivasi manusia dalam berperilaku adalah social-being #kepri1

3. Manusia butuh berelasi dengan orang lain. Kesejahteraan sosial lebih penting daripada kesejahteraan pribadi #Adler #kepri1

4. Walau begitu, bagaimana bentuk hubungan manusia dengan orang lain dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pola asuh #Adler #kepri1

5. Kata #Adler: manusia itu kreatif! Mereka adalah sistem subjektif yang menginterpretasikan arti dari pengalaman mereka sendiri

6. Sayangnya, kekreatifan individu biasanya baru nampak dalam keadaan terdesak #Adler #kepri1

7. Semua yang dialami mengantarkan individu pada tahapan yang disebut personalisasi #Adler #kepri1

8. Karena personalisasi inilah, setiap individu memiliki keunikan mereka masing-masing. Gue ya gue, lo ya lo #Adler #kepri1

9. Ngomong-ngomong soal personalisasi, sebenarnya teori #Adlerdisusun dari pengalaman hidupnya yang rada nggak enak #kepri1

10. #Adler lahir sebagai anak bungsu, sudah begitu ia sakit-sakitan. Orang-orang memandang ia lemah dan mesti dilindungi terus #kepri1

11. Dari kondisi itulah #Adler mencetuskan teori inferioritas, yaitu rasa ketidakberdayaan seseorang #kepri1

12. Kemudian #Adler merumuskan satu teori lagi. Inferioritas mendorong individu untuk menjadi superior #kepri1

13. Nah, sampai sini terlihat jelas bukan kalau #Adler menganggap kepribadian dipengaruhi alam sadar? Tidak sepert i#Freud dan #Jung #kepri1

14. #Adler menolak anggapan Vaihinger yg bilang 'semua orang mestinya pasrah saja, semuanya sudah diatur sedemkian rupa'#kepri1

15. #Adler justru menganggap 'apa yang akan kita hadapi itu harusnya dijadikan motivasi untuk mulai bertindak sejak sekarang'#kepri1

16. Kalau kita ingin menjadi superior, carilah cara agar bisa menjadi superior #Adler #kepri1

17. #Adler bilang, keinginan mengejar superioritas adalah kompensasi dari rasa tak puas dianggap tak mampu #kepri1

18. Manusia tak pernah puas. Begitu mencapai tahap kemampuan tertentu, akan muncul perasaan 'ah, kok cuma segini aja sih'#Adler #kepri1

19. Perasaan seperti itu bukan keabnormalan. Justru itu yang akan membuat anda terus berkembang, hingga jadi superior#Adler #kepri1

20. Tapi, sesuperior apapun anda, tidak ada maknanya kalau anda tidak bisa berguna untuk orang lain #Adler #kepri1

21. Tujuan boleh sama-sama jadi superior, tapi jalan menuju kesana bisa beda-beda. Manusia kan punya keunikan masing-masing #Adler #kepri1

22. Perbedaan bisa saja disebabkan oleh style of life (err bisa diterjemahkan sebagai gaya hidup gak ya? Saya ragu deh) #Adler#kepri1

23. Kata #Adler sih, style of life itu sejenis kebiasaan atau pembiasaan sejak individu masih kecil #Adler #kepri1

24. Biar gampang, gini deh. #Adler membuat teori sendiri karena teori-teori yang sudah ada ia anggap kurang mewakili dirinya.#kepri1

25. Nah. Berarti si #Adler itu orang yang kreatif kan? Memecahkan masalah dengan caranya sendiri. Hehehe #kepri1

26. Masih ingat kan kalau di awal tadi disebutkan bahwa #Adleranak bungsu? Nah, kondisi ini menginspirasi teori Birth Order#kepri1

27. Anak pertama biasanya kritis, mereka juga lihai dalam membuat keputusan. Anak pertama adalah harapan orangtua #Adler #kepri1

28. Anak kedua biasanya kompetitif. Mereka kesal dibandingkan terus dengan kakaknya #Adler #kepri1

29. Anak bungsu? Biasanya bergantung pada orang lain. Mereka diperhatian bukan hanya oleh orangtua, tapi juga kakak-kakaknya#kepri1 #Adler

29. Anak bungsu? Biasanya bergantung pada orang lain. Mereka diperhatian bukan hanya oleh orangtua, tapi juga kakak-kakaknya#kepri1 #Adler

30. Bagaimana dengan anak tunggal? #Adler meramalkan mereka kurang kompetitif. Kan di rumah tidak ada saingannya #Adler #kepri1

31. Merasa bahwa diri anda tidak sesuai teori #Adler? Pertimbangkan juga gaya pengasuhan orangtua anda #kepri1

selesai sudah kultwit #Adler saya. Selamat melanjutkan belajar#kepri1 kawan-kawan :D

Comments

Popular posts from this blog

First Trip ke Malang Naik Motor :D

Fuh fuh fuh.. *niupin debu yang mulai menaburi dashboard saking lamanya nggak posting*

Heeem, sebenernya di draft-ku masih ada satu postingan yang pengen aku share soal malam sebelumnya cerita gue ini. Mau nonton "?" ke TP tapi motornya Persy macet di jalan gara-gara kehabisan bensin. Jadilah aku sama dia harus nuntun motor hampir 1 kilo :|. Cumaaa entah kenapa aku lebih excited buat cerita soal yang satu ini. Yaaak, setelah 2 bulan nggak pulang ke Jogja dan sekitar 3-4 bulanan nggak ke Malang, akhirnya Jumat kemaren aku diajakin kedua ceman labilku jalan-jalan ke Malang. Yak, dua teman dalam perjalananku kali ini adalah Rizqi dan Fanani, untuk selanjutnya ntar aku sebut pake inisial aja deh ya.
Eh ke Batu lebih tepatnya, eh tapi tadi itu udah Batu coret ding itu udahan! *labil* 
Pagi-pagi jam 7.20-an aku dapet SMS dari R ngajakin ke Malang, malem sebelumnya udah janjian kalo jadi emang mau ke Malang hari itu. Aku langsung mandi, siap-siap, nimbrung Persy sarapan, terus dijemp…

Nggerus

Nggerusadalah perasaan ketika sesuatu yang kita pengen ternyata malah jadi milik orang lain. Juga ketika kita merasa hati kita udah berkeping-keping tapi nggak ada yang bisa kita lakukan untuk membuatnya utuh kembali. Dan yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu. Menunggu sampai waktu bisa menyembuhkan, menunggu hingga ada seseorang yang bersedia memungut kembali kepingan hati kita lalu menyatukannya.

EMPIRE XXI

Tanggal 13 Maret 2009 kemarin, Jogja resmi punya bioskop baru yang dibangun sama Cineplex. Bioskop itu dinamain EMPIRE XXI. Gedung bioskop ini terletak di Jalan Uripsumoharjo alias Jalan Solo. Ada yang inget HERO yang dulu kebakar? Nah, bekas HERO itu yang sekarang dijadiin gedung EMPIRE XXI. Buat anak Jogja, kalo nggak tau kebangetan deh. Pasalnya tu gedung lumayan gedhe and ada tulisan EMPIRE XXI yang super gedhe di bagian depan gedungnya .

Tempat Parkir

Di EMPIRE, parkirannya cukup luas. Sedikit sisi barat untuk motor dan sisi timur yang cukup luas buat parkir mobil. Motor juga bisa di parkir di luar halaman EMPIRE alias di pinggir jalan. Terus, trotoarnya juga lumayan gedhe . Di bagian depan ada beberapa pohon yang sengaja ditanam, kalo saran gue sih ditambahin lah, biar tambah ijo (:

Bagian Dalam

Menurut gue EMPIRE lebih nyaman dari STUDIO (yang di Ambarukmo). Kalau di STUDIO, waktu awal masuk rada terkesan sumpek, kalau di EMPIRE, lebih berasa luas. Ya namanya gedung sendiri sih ya.…