#Kepri1 #Freud

11:03 PM

Kultwit by @KERbiie


oke jeng, kita mulai kultwit kita. pertama yang akan dibahas adalah Sigmund Freud #kepri1


Sekedar mengingatkan, Freud adalah bapak psikoanalisa yang menekankan pada ketidaksadaran (unconciousness) #kepri1


Freud menentang psi. asosiatif (menekankan pada kesadaran) dan berpendapat bahwa kesadaran hanya sebagian kecil dr kehidupan psikis #kepri1


struktur kepribadian manusia menurut Freud dibagi menjadi 3, yaitu Id (das es), Ego (das ich), dan superego (das ueber ich) #kepri1


Id (das es) merupakan aspek biologis pada manusia, dorongan2 yg bersifat naluriah pd manusia. berisi insting2 yg dibawa sejak lahir#kepri1


Contoh dari Id ini adalah lapar, haus, dorongan yang bersifat seksual. Pokoknya merupakan prinsip kenikmatan (jika terpenuhi)#kepri1


Id bisa bereaksi dengan 2 cara: refleks (ex: bersin), dan proses primer (ex: kalo lagi pgn gituan bayangin miyabi hhe :p) #nooffense#kepri1


Ego (das ich) merupakan aspek psikologis, aspek pelaksana dari Id yang mengandung prinsip realita #kepri1


Superego (das ueber ich) merupakan aspek sosiologi, berisi norma dan aturan2 masyarakat/adat, yang berlaku di lingkungan kita#kepri1


Superego berisi 2 hal: conscentia/hukuman (ex: kalo mencuri dosa), dan ich ideal (ex: kalo menolong orang, dapet pahala) #kepri1


Superego memiliki peran sebagai: 1. merintangi dorongan id, 2. mendorong ego ke arah realitas, 3. mengejar kesempurnaan (y)#kepri1


13. Contoh singkatnya, aku laper (ID), tapi nggak punya duit, nah karena itu aku kepikiran buat nyuri (EGO) #kepri1


Nah, tapi aturan di dalam masyarakat & agama melarang u/ mencuri karena dosa/bisa dihukum, lebih baik ga makan (SUPEREGO)#kepri1 #curcol


14. menurut freud, manusia merupakan sistem energi kompleks dan energi tersebut diperoleh melalui makanan #kepri1


15. Dinamika kepribadian Freud ada 3, yaitu: insting, distribusi & penggunaaan energi psikis, dan kecemasan & ketakutan #kepri1


16. Insting: tidak sama dengan keinginan (wish) dan kebutuhan (need) #kepri1


17. Insting: perangsang somatis yang dibawa sejak lahir. keinginan: perangsang psikologis. kebutuhan: perangsan fisiologis/jasmani#kepri1


18. contoh gampangnya misalnya haus, scara fisiologis merupakan peristiwa kekurangan minum, dan secara psikologis keinginan u/ minum #kepri1


Keinginan & kebutuhan tsb merupakan alasan/motif tingkah laku yaitu akhirnya dia mencari minuman. pergi ke alfa ato minum air pam #kepri1


19. Insting dibagi menjadi 2, yaitu insting hidup dan insting mati#kepri1


20. Insting hidup: untuk bertahan hidup dan melanjutkan keturunan (ex: makan, minum, gitu2an). Biasa disebut LIBIDO #kepri1


21. Insting mati: keinginan untuk mati. Ditunjukkan dengan dorongan agresi, yang bisa diubah mnjadi obyek substitusi #kepri1


misalnya: kita lagi sebel sama temen, terus kita membayangkan lagi mukul2 kursi, supaya sebelnya ilang/lega. #CMIIW #kepri1


22. Distribusi dan penggunaan energi psikis, yang menyebabkan kepribadian seseorang menjadi dinamis #kepri1


23. Dikatakan dinamis, karena adanya pengaruh antara kekuatan pendorong (cathaxis) dan penahan/penghambat (anti-chataxis)#kepri1


24. Apakah pendorong ID lebih kuat dari pendorong Ego, ataukah pendorong Ego lebih lemah dari penghambat Superego. bisa dibolakbalik #kepri1


25. Kecemasan dan ketakutan; merupakan reaksi lingkungan yang tidak menyenangkan #kepri1


26. #RALAT Kecemasan dan ketakutan; merupakan reaksi individu akibat dari keadaan lingkungan yang tidak menyenangkan #kepri1


27. kecemasan: peringatan untuk individu akan datangnya bahaya#kepri1


28. kecemasan yang tidak dapat dikendalikan disebut kecemasan traumatis #kepri1


29. Kecemasan ada 3 macam: kecemasan realistis, kecemasan neurotis, kecemasan moral #kepri1


30. kecemasan realistis: ketakutan akan bahaya di dunia luar. kecemasan ini dapat menimbulkan kecemasan neurotis & moral#kepri1


31. kecemasan neurotis: ketidakmampuan u/ mengendalikan insting sehingga membuat individu melakukan perbuatan yg membuat mrk dihukum #kepri1


32. kecemasan moral: takut apabila melakukan sesuatu yang bertentangan dengan norma & hukum #kepri1


33. Perkembangan kepribadian ada 3: identifikasi, pemindahan obyek, dan defence mechanism (mekanisme pertahanan diri)#kepri1


34. Identifikasi: metode/cara yang digunakan orang lain untuk menghadapi orang lain dan menjadi bagian dari kepribadiannya#kepri1


35. Pemindahan obyek: merupakan suatu cara untuk mereduksi tegangan, dengan mengalihkan/mengkonduksikan ke obyek lain#kepri1


36. yang mempengaruhi perpindahan obyek: karena ada kemiripan obyek pengganti dengan obyek aslinya, dan adanya sanksi dari masyarakat #kepri1


37. Identifikasi dan pemindahan obyek biasa digunakan untuk mengatasi frustasi, konflik, dan kecemasan2 dalam diri individu#kepri1


38. nah, yang paling saya suka ni Defence mechanism yang pastinya kita semua punya kan? kan? kan? #kedipkedip #kepri1


39. Defence Mechanism: kadang kalo kita bener2 udah terpojok notok dan hopeless, kita mengambil langkah lain yang lebih ekstrim#kepri1


40. Defence mechanism menurut Freud ada 5, yaitu: represi, proyeksi, pembentukan reaksi, fiksasi, dan regresi #kepri1 (sebenarnya ada banyak, tapi yang wajib kita tahu ada 5)


41. represi: DM yang dilakukan dengan cara menekan obyek dalam kesadaran untuk masuk ke dalam alam bawah sadar #kepri1


42. misalnya seseorang yang pernah disiksa ayahnya, kemudian mengalihkannya ke dalam obyek kekuasaan misalnya bidak catur King #kepri1


43. proyeksi: proses mengubah ketakutan neurotis dan moral menjadi ketakutan reliastis #kepri1


44. kalimat gampangnya, represi merupakan pengalihan dari sumber ketakutan menjadi obyek yang tidak berbahaya #kepri1


45. Pernah nonton Harpot 3? tentang lemarinya Prof. Lupin yang bisa muncul bayangan (boggart)? ya, mungkin itu salah 1 contohnya #CMIIW #kepri1


46. Pembentukan reaksi: menggantikan perasaan yang menimbulkan kecemasan dengan lawannya #kepri1


47. misal, pacar kita selingkuh sm cewek/cowok lain. biar kita ga curiga, dia jd lebih romantis, so sweet, padahal... -__-" #curcol#kepri1


48. Fiksasi: pertahanan yg dilakukan individu ketika ia merasa ketakutan u/ menghadapi fase perkembangan kepribadian yang berikutnya #kepri1


49. misal: si A terpaksa ngelanjutin S2, karena ia takut kalo dia ditanya "kapan nikah?", padahal belum ada calon :p #nooffense#kepri1


50. Regresi: kemunduran pada perkembangan seseorang untuk kembali pada tahapan sebelumnya yang biasa didahului dengan fiksasi #kepri1


misal: karena belom siap untuk menghadapi umur 20 tahun, ia sengaja jadi ababil, gahol gitu deh, kemana2 pake baju ala ABG #kepri1


eh itu tadi no 51, sekarang 52. Perkembangan kepribadian ada 6: fase oral, anal, phalic, latent, pubertas, dan genital #kepri1


53. Fase oral (0-1 tahun): merupakan fase trust, terbentuknya kepercayaan pada seseorang. sumber kenikmatan dari mulut#kepri1


54. contoh: jika fase ini berjalan tidak baik, maka akan memunculkan kecenderungan untuk merokok #kepri1


55. Fase anal (1-3 tahun): sumber kenikmatan perpusat pada anal/s***t hehehee :p, merupakan fase pembentukan nilai & moral#kepri1


56. fase ini merupakan saat toilet training #kepri1 (pada usia sekitar 2 tahun)


57. contoh: kalo dalam fase ini si ibu bersikap keras & menyebabkan anak menahan eek --> anak menjadi tidak pede/terbuka #kepri1


58. Fase phalic (3-5 tahun): pusat perkembangan seksual & fungsi alat kelamin. individu merasakan kenikmatan pada alat kelaminnya #kepri1


59. Electra complex "jatuh cinta pada ayah", cemburu thd ibu, dan ibu hrs bertanggung jawab ats "ketidaksempurnaan" alat kelaminnya #kepri1


*sisipan* Sublimasi, suatu menuju ke kesadaran. Dan represi sebaliknya #kepri1


*sisipan* Inti teori jung adalah bagaimana proses individuasi itu sendiri #kepri1


oya tweeps, tadi itu untuk anak perempuan ya #electracomplex #kepri1


60. Oedipus complex: "jatuh cinta pada ibu" (cowok), dorongan incest pada ibu, menentang ayah, menuruti erotisnya thd ibu dgn nurut #kepri1


61. Fase Latent (5-12/13 tahun): dorongan seksual seakan2 hilang. pd fase ini anak akan lebih mudah dididik daripada fase berikutnya #kepri1


62. Fase pubertas (12/13 - 20 tahun): dorongan seksual muncul kembali, lebih ekstrim, lebih kompleks. individu bersifat dinamis #kepri1


63. fase genital (ga tau umur berapa, ga dijelasin): sumber kenikmatan kembali bersumber pada alat kelamin seperti masa phalic #kepri1


65. Dan pada fase genital, narsis diarahkan pada obyek luar sehingga seseorang belajar untuk mencintai orang lain #sosweet #kepri1


66. Pada fase genital, fungsi biologis primer adalah sistem reproduksi #kepri1



You Might Also Like

0 comment(s)

Silahkan komen :)