Skip to main content

#Kepri1 #Fromm

Kultwit by @istinatembem

1. Asumsi dasar teori Fromm adalah orang yg merasa kesepian&terisolasi krn ia dipisahkan dr alam&orang2 lain.#kepri1 #Fromm

2. Keadaan isolasi ini tidak ditemukan dalam semua spesies binatang,itu adalah situasi khas manusia.#kepri1 #Fromm

3. Pemahaman ttg psikhe manusia harus berdasarkan analisis ttg kebutuhan2 manusia yg berasal dr kondisi2 eksistensinya.#kepri1 #Fromm

4. Fromm mendefinisikan 5 kebutuhan dasar manusia.#kepri1 #Fromm

5. No. 1 kebutuhan akan keterhubungan.#kepri1 #Fromm

6. Sbg pengganti ikatan2 instingtif dg alam yg dimiliki binatang,manusia harus menciptakan hubungan2 mereka sendiri.#kepri1 #Fromm

7. Hubungan yg paling memberikan kepuasan adalah hubungan2 yg didasarkan cinta produktif.#kepri1 #Fromm

8. Cinta produktif selalu mengandung perhatian,tanggung jawab,respek&pemahaman timbal balik.#kepri1 #Fromm

9. No. 2 Kebutuhan akan transendensi.#kepri1 #Fromm

10. Dorongan transendensi adalah kebutuhan orang untuk mengatasi kodrat binatangya.#kepri1 #Fromm

11. Untuk menjadi makhluk yg kreatif & bukan hanya menjadi makhluk belaka.#kepri1 #Fromm

12. Apabila dorongan2 kreatif terhambat,maka orang ,menjadi perusak.#kepri1 #Fromm

13. No. 3 Kebutuhan akan keterberakaran.#kepri1 #Fromm

14. Manusia mendambakan akar2 alamiah,mereka ingin menjadi bagian integral dunia.#kepri1 #Fromm

15. Mereka ingin merasakan bahwa mereka memiliki dunia.#kepri1 #Fromm

16. Contoh,masa kanak2 mereka berakar pada ibu.#kepri1 #Fromm

17. Tapi klw terus berlanjut sampai lepas masa kanak2 ini dipandang sbg suatu fiksasi yg tidak sehat.#kepri1 #Fromm

18. Masih ingat apa itu fiksasi?Coba baca lagi pada materi mekanisme pertahanan Ego punya Freud .#kepri1 #Fromm

19. No. 4 kebutuhan akan identitas.#kepri1 #Fromm

20. Setiap orang ingin memiliki suatu perasaan identitas pribadi,menjadi seorang individu yg unik.#kepri1 #Fromm

21. Bila hal tsb tidak bisa tercapai dg usaha kreatifnya sendiri,maka ia akan melakukan identifikasi.#kepri1 #Fromm

22. Perasaan identitas timbul dari memiliki seseorang & bukan dari menjadi seseorang.#kepri1 #Fromm

23. Contoh, budak mengidentifikasi diri dg majikan.#kepri1 #Fromm

24. No.5 kebutuhan akan kerangka orientasi.#kepri1 #Fromm

25. Kerangka orientasi,suatu kerangka acuan yakni suatu cara yg stabil & konsisten dalam memandang & memahami dunia.#kepri1 #Fromm

26. Kerangka acuan bisa bersifat rasional ataupun irasional,tapi juga bisa kedua duanya.#kepri1 #Fromm

27. Bagi Fromm,kebutuhan2 tersebut adalah manusiawi dan objektf.#kepri1 #Fromm

28. Fromm yakin bahwa manifestasi2 spesifik dari kebutuhan2 ini,yakni cara2 aktual sesorang mewujudkan potensi2 batiniahnya.#kepri1 #Fromm

29. Semua itu ditentukan oleh aturan aturan sosial dimana dia hidup.#kepri1 #Fromm

30. Ada 5 tipe karakter yg disebutkan oleh Fromm.#kepri1 #Fromm

31. Yaitu, reseptif, eksploitatif, penimbunan, pemasaran dan produktif.#kepri1 #Fromm

32. Kelima tipe tersebut melukiskan bagaimana individu berhubungan dg dunia luar dan dg satu sama lain.#kepri1 #Fromm

33. Dari kelima tipe tersebut hanya tipe produktif yg menurut Fromm manusiawi.#kepri1 #Fromm

34. Dari kelima tipe tersebut bisa saja terjadi tipe campuran seperti penimbunan-produktif.#kepri1 #Fromm

35. Namun,Fromm pada akhirnya menambahkan tipe No. 6 yakni Nekrofilus vs Biofilus.#kepri1 #Fromm

36. Nekrofilus yakni orang2 yg tertarik pada kematian.#kepri1 #Fromm

37. Kalau biofilus yakni orang2 yg cinta akan kehidupan.#kepri1 #Fromm

38. Klw flashback pada Freud,ada insting hidup&insting mati yg inheren dlm biologi manusia.#kepri1 #Fromm

39. Tapi klw Fromm,hidup adalah satu2nya potensialitas primer.#kepri1 #Fromm

40. Kematian hanyalah sekunder dan hanya muncul bila daya2 hidup dikecewakan.#kepri1 #Fromm

41. Fromm mengusulkan suatu nama untuk masyarakat yg sempurna.#kepri1 #Fromm

42. Yaitu, Sosialisme Komunitarian Humanistik.#kepri1 #Fromm

43. Dlm masyrakat tsb setiap orang akan sama u/ menjadi manusiawi sepenuhnya.#kepri1 #Fromm

44. Tidak akan ada kesepian,perasaan2 isolasi dan keputusasaan.#kepri1 #Fromm

45. Sebenarnya inti teori Fromm itu hanya satu konsep besar.#kepri1 #Fromm

46. Bahwa karakter/kepribadian itu mempengaruhi&dipengaruhi oleh struktur sosial&perubahan sosial.#kepri1 #Fromm

47. Oke tweeps,hanya segitu yg aku tahu,maaf klw tidak lengkap.#kepri1 #Fromm

48. Semangat untuk UAS Psikologi Kepribadian I hari ini,semoga sukses,AMINJ.#kepri1 #Fromm

Comments

Popular posts from this blog

First Trip ke Malang Naik Motor :D

Fuh fuh fuh.. *niupin debu yang mulai menaburi dashboard saking lamanya nggak posting*

Heeem, sebenernya di draft-ku masih ada satu postingan yang pengen aku share soal malam sebelumnya cerita gue ini. Mau nonton "?" ke TP tapi motornya Persy macet di jalan gara-gara kehabisan bensin. Jadilah aku sama dia harus nuntun motor hampir 1 kilo :|. Cumaaa entah kenapa aku lebih excited buat cerita soal yang satu ini. Yaaak, setelah 2 bulan nggak pulang ke Jogja dan sekitar 3-4 bulanan nggak ke Malang, akhirnya Jumat kemaren aku diajakin kedua ceman labilku jalan-jalan ke Malang. Yak, dua teman dalam perjalananku kali ini adalah Rizqi dan Fanani, untuk selanjutnya ntar aku sebut pake inisial aja deh ya.
Eh ke Batu lebih tepatnya, eh tapi tadi itu udah Batu coret ding itu udahan! *labil* 
Pagi-pagi jam 7.20-an aku dapet SMS dari R ngajakin ke Malang, malem sebelumnya udah janjian kalo jadi emang mau ke Malang hari itu. Aku langsung mandi, siap-siap, nimbrung Persy sarapan, terus dijemp…

Nggerus

Nggerusadalah perasaan ketika sesuatu yang kita pengen ternyata malah jadi milik orang lain. Juga ketika kita merasa hati kita udah berkeping-keping tapi nggak ada yang bisa kita lakukan untuk membuatnya utuh kembali. Dan yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu. Menunggu sampai waktu bisa menyembuhkan, menunggu hingga ada seseorang yang bersedia memungut kembali kepingan hati kita lalu menyatukannya.

EMPIRE XXI

Tanggal 13 Maret 2009 kemarin, Jogja resmi punya bioskop baru yang dibangun sama Cineplex. Bioskop itu dinamain EMPIRE XXI. Gedung bioskop ini terletak di Jalan Uripsumoharjo alias Jalan Solo. Ada yang inget HERO yang dulu kebakar? Nah, bekas HERO itu yang sekarang dijadiin gedung EMPIRE XXI. Buat anak Jogja, kalo nggak tau kebangetan deh. Pasalnya tu gedung lumayan gedhe and ada tulisan EMPIRE XXI yang super gedhe di bagian depan gedungnya .

Tempat Parkir

Di EMPIRE, parkirannya cukup luas. Sedikit sisi barat untuk motor dan sisi timur yang cukup luas buat parkir mobil. Motor juga bisa di parkir di luar halaman EMPIRE alias di pinggir jalan. Terus, trotoarnya juga lumayan gedhe . Di bagian depan ada beberapa pohon yang sengaja ditanam, kalo saran gue sih ditambahin lah, biar tambah ijo (:

Bagian Dalam

Menurut gue EMPIRE lebih nyaman dari STUDIO (yang di Ambarukmo). Kalau di STUDIO, waktu awal masuk rada terkesan sumpek, kalau di EMPIRE, lebih berasa luas. Ya namanya gedung sendiri sih ya.…