Skip to main content

#Kepri1 #Murray

Kultwit by @siivisi

1. Oke, sekarang #Murray. Judul teori besarnya adalah personologi. #kepri1

2. Kenapa namanya personologi? Mungkin karena #Murraymemandang bahwa kepribadian adalah substansi yang rumit. Sangat kompleks #kepri1

3. Kenapa abstrak? Ya, karena kepribadian hanya bisa dilihat bila kita mengamati individu sejak lahir hingga ia wafat.#Murray #kepri1

4. Kepribadian adalah hasil integrasi. Siapa yang mengintergrasikan? Otak. Tak punya otak, tak akan punya kepribadian. #Murray. #kepri1

5. Kok begitu? Iya dong, kan yang mengintegrasikan semuanya otak manusia. #Murray #kepri1

6. Selama rentang hidupnya, mustahil kalau manusia tidak berkembang. #Murray #kepri1

7. Memang kepribadian sifatnya menetap, tapi bukan berarti mereka tidak dinamis lho. #Murray #kepri1

8. Kepribadian bukan hanya soal bagaimana orang merespon lingkungannya, melainkan juga yang mendasari terjadinya perilaku #Murray #kepri1

9. Bingung? Oke, saya usahakan pakai analogi berikut ini#Murray #kepri1

10. Ingat Cinta Fitri? Ingat Kemilau Cinta Kamila? Ya, mereka sinetron. #Murray #kepri1

11. Kalau ada yg tanya, seperti apa sih Cinta Fitri? Akan dijelaskan “Cinta Fitri itu awalnya si Fitri sama Farel blablabla”#Murray #Kepri1

12. Lalu dilanjutkan, “Eh terus si Fitri sama Farel blablabla, abis itu blablabla,” hingga kata ‘tamat’ yang muncul. #Murray#kepri1

13. Anda baru akan tahu Cinta Fitri itu apa kalau mengikuti episode 1 sampai tamat. Kalau sepotong-sepotong, tidak paham#Murray #kepri1

14. Cinta Fitri terdiri atas rangkaian cerita, begitu pula hidup anda. #Murray #kepri1

15. Dalam setiap cerita ada interaksi antara subjek dan objek secara internal dalam waktu lama. Itu namanya proceeding#Murray #kepri1

16. dalam proceeding, Individu merenungkan konflik tertentu yang tercipta #Murray #kepri1

17. Jangan menghindari konflik. Konflik justru membantu anda untuk menyusun rencana dalam mencapai tujuan #Murray#kepri1

18. kembali ke masalah serial tadi. #Murray #kepri1

19. Hidup anda adalah sebuah serial—baru bermakna bila dipandang secara keseluruhan. #Murray #kepri

20. Setiap serial terputus-putus namun disusun terarah agar penonton bisa lebih mudah dalam memahami jalan ceritanya#Murray #kepri

21. Hidup anda juga sama, lho. Anggap saja setiap hari adalah episode yang tersusun sebagai program serial. #Murray#kepri

22. Kemampuan yang anda miliki dan prestasi yang anda capai adalah hal penting dalam pembentukan kepribadian#Murray @kepri1

23. Ngomong-ngomong, #Murray juga setuju akan teori id, ego, superego-nya #Freud. #kepri1

24. Id: sumber energy, ego: integrator perilaku, superego: impan nilai kebudayaan. #Murray #kepri1

25. Kepribadian itu dinamis. Sudah paham kan? Ya, karena banyak faktor yang mendukungnya terus bergerak mencari keseimbangan #Murray #kepri1

26. Faktor pertama, adalah kebutuhan. Ia adalah penyebab manusia berperilaku. #Murray #kepri1

27. Jenis-jenis kebutuhan? Primary & secondary, overt & covert, focal & difuse, proactive & reactive #Murray #kepri1

28. Primer: wajib dipenuhi. Misalnya makan, minum, etc laah kebutuhan fisik. Sekundernya prestasi, penghargaan, pengakuan#Murray #kepri1

29. Overt: kebutuhan yang diekspresikan. Covert: yang tahun hanya diri sendiri. #Murray #kepri1

30. focal dan difuse terkait dengan konsep fiksasi. Hm saya juga bingung. Mungkin difuse ini ditunda pemenuhannya ya#Murray #kepri1

32. 3 komponen needs: proses, modal, dan efek. Ada proses pemenuhan, ada alat pemenuhan, ada efek setelah pemenuhan. #Murray #kepri1

33. Faktor kedua adalah tekanan. Ia memfasilitasi seseorang berjuang mendapatkan apa yang ia butuhkan #Murray#kepri1

34. Bila kebutuhannya terpenuhi, terjadi proses penurunan tekanan pada individu #Murray #kepri1

35. Lalu ada proses regnan. Apa itu? Proses psikologis yang terjadi di otak. kata #Murray kepribadian manusia dibentuk disana #kepri1

36. Selanjutnya kita bahas mengenai perkembangan kepribadian #Murray #kepri1

37. Kepribadian itu kompleks. Dipengaruhi berbagai hal dalam hidup anda #Murray #kepri1

38. Banyak orang melupakan masa kecil mereka, padahal masa kecil adalah proses infantile yang membentuk kepribadian#Murray #kepri1

39. Apa yang terjadi saat anda kecil seringkali termanifestasi dalam alam bawah sadar. Ada ketakutan, agresi, kastrasi #Murray #kepri1

40. Perkembangan kepribadian juga dipengaruhi faktor genetis lho. Menurut #Murray terjadi semacam metabolism#Murray #kepri1

41. Proses pembelajaran membantu perkembangan kepribadian. Bisa bersifat retrospektif, spektif, atau prospektif#Murray #kepri

42. Pembelajaran di dapat dari lingkungan sosial. Nah, berarti lingkungan sekitar anda juga ikut membentuk kepribadian anda #Murray #kepri1

43. Apa inti teori #Murray sesungguhnya? Entahlah. Saya juga bingung—dia seperti mencampurkan segala macam prinsip yang sudah ada #kepri1

44. Kalau melihat prinsip unconsciousness yang dianutnya, dia masuk dalam psikoanalisis #Murray #kepri1

45. Belum lagi teori needs-nya #Murray seperti yang#Freud bilang kalau kebutuhan mendorong terjadinya perilaku#kepri1

46. Namun #Murray juga memperhitungkan pengaruh sosial, dimana #Freud bilang manusia hanya dipengaruhi insting mereka #kepri1

47. Kompleksitas teori kepribadian #Murray terbukti!#kepri1 sekian :p

Comments

Popular posts from this blog

First Trip ke Malang Naik Motor :D

Fuh fuh fuh.. *niupin debu yang mulai menaburi dashboard saking lamanya nggak posting*

Heeem, sebenernya di draft-ku masih ada satu postingan yang pengen aku share soal malam sebelumnya cerita gue ini. Mau nonton "?" ke TP tapi motornya Persy macet di jalan gara-gara kehabisan bensin. Jadilah aku sama dia harus nuntun motor hampir 1 kilo :|. Cumaaa entah kenapa aku lebih excited buat cerita soal yang satu ini. Yaaak, setelah 2 bulan nggak pulang ke Jogja dan sekitar 3-4 bulanan nggak ke Malang, akhirnya Jumat kemaren aku diajakin kedua ceman labilku jalan-jalan ke Malang. Yak, dua teman dalam perjalananku kali ini adalah Rizqi dan Fanani, untuk selanjutnya ntar aku sebut pake inisial aja deh ya.
Eh ke Batu lebih tepatnya, eh tapi tadi itu udah Batu coret ding itu udahan! *labil* 
Pagi-pagi jam 7.20-an aku dapet SMS dari R ngajakin ke Malang, malem sebelumnya udah janjian kalo jadi emang mau ke Malang hari itu. Aku langsung mandi, siap-siap, nimbrung Persy sarapan, terus dijemp…

Nggerus

Nggerusadalah perasaan ketika sesuatu yang kita pengen ternyata malah jadi milik orang lain. Juga ketika kita merasa hati kita udah berkeping-keping tapi nggak ada yang bisa kita lakukan untuk membuatnya utuh kembali. Dan yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu. Menunggu sampai waktu bisa menyembuhkan, menunggu hingga ada seseorang yang bersedia memungut kembali kepingan hati kita lalu menyatukannya.

EMPIRE XXI

Tanggal 13 Maret 2009 kemarin, Jogja resmi punya bioskop baru yang dibangun sama Cineplex. Bioskop itu dinamain EMPIRE XXI. Gedung bioskop ini terletak di Jalan Uripsumoharjo alias Jalan Solo. Ada yang inget HERO yang dulu kebakar? Nah, bekas HERO itu yang sekarang dijadiin gedung EMPIRE XXI. Buat anak Jogja, kalo nggak tau kebangetan deh. Pasalnya tu gedung lumayan gedhe and ada tulisan EMPIRE XXI yang super gedhe di bagian depan gedungnya .

Tempat Parkir

Di EMPIRE, parkirannya cukup luas. Sedikit sisi barat untuk motor dan sisi timur yang cukup luas buat parkir mobil. Motor juga bisa di parkir di luar halaman EMPIRE alias di pinggir jalan. Terus, trotoarnya juga lumayan gedhe . Di bagian depan ada beberapa pohon yang sengaja ditanam, kalo saran gue sih ditambahin lah, biar tambah ijo (:

Bagian Dalam

Menurut gue EMPIRE lebih nyaman dari STUDIO (yang di Ambarukmo). Kalau di STUDIO, waktu awal masuk rada terkesan sumpek, kalau di EMPIRE, lebih berasa luas. Ya namanya gedung sendiri sih ya.…