Skip to main content

#Kepri1 #Sullivan

Kultwit by @istinatembem

Oke tweeps, kita lanjut kultwit episode #Sullivan lanjutannya dari @KERbiie

1.Sullivan, Interpersonal Theory of Psychiatry #kepri1Sullivan

2.Konsep dasarnya adalah anxiety dan unwareness. Mereka muncul dari lingkungan sosial seseorang. #kepri1 #Sullivan

3.Security operation,tindakan u/ meminimalisir anxiety. Klw security operation terus dilakukan bisa menjadi “unhealthy”. #kepri1#Sullivan

4.O iya, Sullivan juga menekankan hubungan interpersonal(antar individu) dan intrapersonal(diri sendiri) seseorang. #kepri1 #Sullivan

5. Struktur kepribadian menurut Sullivan ada 3, yakni Dinamisme, Personifikasi, dan Proses Kognitif. #kepri1 #Sullivan

6.Dinamisme,bentuk transformasi energi, bentuk tingkah laku yg relatif menetap, yg scr berulang memberi ciri kpd organisme.#kepri1#Sullivan

7.Krn namanya dinamisme, maka sifatnya juga dinamis&merupakan hasil dari pengalaman dg orang lain&ini terjadi sejak lahir.#kepri1Sullivan


8.Dinamisme setara dengan Id dalam konsepnya Freud. #kepri1#Sullivan

9.Contoh, seorang bayi yg menangis kemudian digendong ibunya akan membentuk suatu hubungan yg akan menjadi kebiasaan.#kepri1 #Sullivan

10. Maksudnya, bayi yg menangis akan berhenti menangis ketika digendong ibunya. #kepri1 #Sullivan

11. Personifikasi, suatau gambaran yg dimiliki individu tentang dirinya sendiri / orang lain. #kepri1 #Sullivan

12.Personifikasi adalah perasaan, sikap, dan konsepsi kompleks yg timbul karena mengalami kepuasan kebutuhan / kecemasan.#kepri1 #Sullivan

13.Personifikasi merupakan akibat dari interpersonal relation, karena merupakan kelanjutan dari dinamisme. #kepri1 #Sullivan

14.Contoh,bayi yg menangis tapi ga langsung direspon ibunya maka dia akan mendapat gambaran seorang ibu yg tidak baik. #kepri1#Sullivan

15. Dari contoh no 14, mengapa demikian?Karena hal tersebut menimbulkan kecemasan. #kepri1 #Sullivan

16.Contoh lagi, personifikasi ”saya seorang yg baik” merupakan hasil dari hubungan interpersonal yg menyenangkan.#kepri1#Sullivan

17.Proses Kognitif adalah struktur kepribadain yg akan membentuk Interpersonal. #kepri1 #Sullivan

18.Proses kognitif terdiri dari Prototaksik, Parataksik dan Sintaksik.#kepri1 #Sullivan

19.Prototaksik terjadi pada masa sejak lahir – umur 1 tahun. #kepri1#Sullivan

20.Prototaksik ditemukan dalam bentuknya yg sangat murni selama berbulan-bulan awal kehidupan. #kepri1 #Sullivan

21.Prototaksik merupakan prasyarat penting bagi munculnya Parataksik dan Sintaksik. #kepri1 #Sullivan

22.Parataksik terjadi pada rentan usia 1 sampai 3 / 4 tahun. #kepri1#Sullivan

23.Cara berfikir parataksik,hubungan kausal antara peristiwa2 yg terjadi pada saat yg sama tapi ga ada hubungan yg logis. #kepri1#Sullivan

24.Contoh Parataksik, tahayul. #kepri1 #Sullivan

25.Sintaksik merupakan cara berpikir yg paling tinggi. #kepri1#Sullivan

26.Sintaksik sudah lebih logis dan menggunakan simbol-simbol dalam pengkomunikasiannya dg orang lain melalui bahasa. #kepri1#Sullivan

27.Bahasa dianggap sebagai simbol yg baik. #kepri1 #Sullivan

28.Selanjutnya ada system self yg terbentuk dari dinamisme.#kepri1 #Sullivan

29.Terdiri dari 3 macam yakni, Disosiasi, Inatention dan Apatism.#kepri1 #Sullivan

30.Disosiasi yakni mekanisme untuk menolak impuls, need, will ke alam sadar. #kepri1 #Sullivan

31.Inatention, usaha untuk menghilangkan perasaan gak nyaman (pura-pura). #kepri1 #Sullivan

32.Contoh inatention, besok ujian kepri tapi kita Cuma belajar dikit akhirnya kita pura2 siap padahal dalam hati cemas. #kepri1#Sullivan

33.Apatism, yakni usaha tidak memilih apapun, masa bodoh.#kepri1 #Sullivan

34.Contoh apatism,kita mw uts kepri tp krn materi yg banyak bgt,kita milih ga belajar,bahkan bs jg memilih ga ikut ujian. #kepri1 #Sullivan

35.Tahap-tahap perkembangan kepri Sullivan ada 6. #kepri1#Sullivan

36.Yg pertama, masa bayi yg identik dg adanya dinamisme tadi.#kepri1 #Sullivan

37.Yg kedua, masa kanak-kanak yg identik dg perkembangan bahasa & organisasi pengalaman secara sintaksik. #kepri1#Sullivan

38.Yg ketiga,masa juvenile yg terjadi pada tahun2 sekolah dasar,masa ini identik dg adanya konsep ttg orientasi hidup. #kepri1#Sullivan

39.Yg keempat, masa pra-adolesen yg relatif singkat&ditandai dg kebutuhan akan hubungan yg akrab dg sahabat,peers. #kepri1#Sullivan

40.Yg kelima, masa adolesen awal yg identik dg tantangan pengembangan pola aktivitas heteroseksual. #kepri1 #Sullivan

41.Yg keenam, masa adolesen akhir merupakan suatu inisiasi yg agak panjang ke arah hak,kewajiban dsan tanggung jawab. #kepri1#Sullivan

42.Pada tahap keenamlah hubungan interpersonal terjalin dengan baik, manusiawi dan matang. #kepri1 #Sullivan

43.Menurut Sullivan orang yg mengalami gangguan psikopatologis adalah akibat dari Interpersonal skill yg kurang. #kepri1 #Sullivan

44.Untuk pengobatannya biasa dikenal dg Interpersonal Therapy.#kepri1 #Sullivan

Oke tweeps, lanjut episode berikutnya #Horney tapi nunggu @siivisiselesai kultwit #Adler agar tidak terjadi distorsi.Having study tweeps ;)

Comments

Popular posts from this blog

Nggerus

Nggerus adalah perasaan ketika sesuatu yang kita pengen ternyata malah jadi milik orang lain . Juga ketika kita merasa hati kita udah berkeping-keping tapi nggak ada yang bisa kita lakukan untuk membuatnya utuh kembali . Dan yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu . Menunggu sampai waktu bisa menyembuhkan, menunggu hingga ada seseorang yang bersedia memungut kembali kepingan hati kita lalu menyatukannya .

Taare Zameen Par

Yak seperti janji aku dalam post sebelum ini, aku sekarang mau cerita soal salah satu film India yang baru aja kemarin aku tonton. Berawal dari beberapa bulan yang lalu ada temanku yang ngomongin di linimasa Twitter soal film India bagus banget tentang anak disleksia, aku jadi penasaran sama film ini. Fyi, aku emang tertarik banget sama disleksia. Dan akhirnya beberapa waktu yang lalu aku dapat film ini dari salah satu teman kampusku yang namanya Istina. Kemarin aku nonton film ini sama adek. Nganggur banget dan bingung mau ngapain akhirnya aku ngajakin adek nonton film ini. Mau ngajakin nonton film lain tapi takutnya ada adegan aneh-aneh hahaha :)) Film ini bercerita tentang seorang anak yang bernama Ishaan, seorang anak kecil berumur 8-9 tahun yang mengalami kesulitan belajar. Orangtuanya yang berharap Ishaan dapat secemerlang kakaknya mulai jengah dengan kelakuan Ishaan yang dinilai bandel, malas dan tidak disiplin namun sangat suka melukis. Ishaan pun dikirim ke sekolah asrama ...

Sweet Escape (details)

Hello! It's May already, huh? Yak, time flies faster than I think.. Seperti yang sudah dijanjikan, aku mau cerita soal perjalanan ke Bromo dan Madakaripura kemarin. Yak, terhitung dari Kamis sampai hari Minggu besok, kampus libur. Super-long-weekend! Dan aku nggak dapat tiket buat pulang ke Jogja. Selain nggak dapat tiket juga Sabtunya aku terpaksa ada kerjaan di Tuban. Itulah yang melatarbelakangi keberangkatanku ke Bromo secara pribadi. Oh iya, ini perjalanan pertamaku bareng anak-anak Palapsi , pecinta alamya Fakultas. Rabu, 16 Mei 2012. Setelah seharian sumpek menyelesaikan laporan sampai nggak sengaja skip kuliah dan baru pulang ke kosan pas Maghrib. Aku menyempatkan diri sekitar 1 jam buat tidur. Nge- charge badan buat perjalanan ke Bromo. Jam 21.00 aku dijemput menuju kampus sambil menunggu anak-anak yang belum datang. Dan wow! Amazing !  Jumlah total anak yang berangkat ada 24, dengan 12 motor. Sekitar jam 11 malam kami pun berangkat. Perjalanan berangkat ya...