Ekspektasi

3:32 PM

Its always better to miss someone secretly than to let them know and get no response. There’s always some truth behind ‘just kidding’, a little emotion hidden under every ‘I don’t care’, a little pain concealed in every ‘its okay’, and a little ‘I need you’ in every ‘leave me alone’. - Athar Ali Khan at www.lelakiku.tumblr.com
Kadang ada hal-hal yang lebih baik untuk disimpan rapat dari orang lain. Ada hal-hal yang memang terlalu muram untuk dibagi, ada hal-hal yang terlalu memalukan untuk diceritakan, dan ada hal-hal yang ketika disampaikan ternyata tidak mendapatkan respon sesuai harapan. Bahkan Shakespeare saja berujar, expectation is roots of all heartache.

Maka biarkanlah aku menyimpan rapat-rapat rinduku padamu agar aku tidak kecewa. Padamu ataupun pada keadaan. Kita pernah sepakat bahwa kita sama-sama tidak akan menaruh ekspektasi, bukan? Biarkan segalanya berjalan apa adanya agar kita tak kecewa. Mungkin kita berdua adalah orang yang terlalu takut pada ekspektasi, atau pada kekecewaan? Aku yang selalu mangkir dari pembicaraan tentang esok, tentang masa depan, dan kamu yang selalu menjauhkan diri dari ekspektasi. 

Kini aku bahkan tak lagi berani memberikan motivasi yang berisi harapan pada teman-teman yang datang meminta pendapat. Aku tak ingin memberikan harapan-harapan yang kosong. Aku tak ingin membuat mereka kecewa terhadap perasaan mereka sendiri. Aku kini menjadi orang yang logis, realistis, dan sedikit sarkastis.

Sekilas, kita, aku, tampak terlalu pesimis. Terlalu banyak kata negatif, tetapi mungkin itu yang membuat kita terus bertahan. Bahwa sesuatu yang terlalu membuncah hanya akan menyesakkan kita. Bahwa apa yang terlalu diumbar akan menjadi bumerang bagi kita. Bahwa apa yang terlalu berlebih akan membuat kita bosan.

Dan bila waktu kita telah habis, biarkan aku menyimpan rapat-rapat perasaanku. Tak usah kamu risau. Its okay.


F.

You Might Also Like

0 comment(s)

Silahkan komen :)